Event

Pemilihan Kangmas Diajeng Kota Blitar

20 November 2012

Pemilihan duta wisata kota Blitar disebut dengan pemilihan Kangmas Diajeng yang bertujuan untuk memilih duta wisata yang ada di kota Blitar. Diselenggarakan tiap tahun sekali, biasanya untuk membuka acara ulang tahun kota Blitar. ...

Event

Grebeg Pancasila

20 November 2012

Tradisi ini merupakan suatu upacara untuk memperingati kelahiran Pancasila, dilaksanakan setiap tanggal 1 Juni yang dimeriahkan oleh seniman, masyarakat, dan aparatur Pemerintahan Daerah. Ritual Grebek Pancasila ini terbagi menjadi 3 acara pokok yakni ; Acara Budaya, Kirab Gunungan Lima, dan Kenduri.

Event

Haul Bung Karno

20 November 2012

Upacara diselenggarakan setiap tanggal 21 Juni yang dimaksudkan untuk mengenang dan mendoakan arwah Bung Karno. Rangkaian acara ini meliputi ; tahlilan, pengajian, dan pegelaran seni dan budaya seperti wayang kulit, ketoprak dan lainnya.

Event

Drama Kolosal Pemberontakan PETA

20 November 2012

Diselenggarakan setiap tanggal 14 Februari untuk memperingati pemberontakan PETA melawan penjajah Jepang di Blitar pada tahun 1945 yang dipimpin oleh Soedanco Soeprijadi. Kegiatan ini digagas oleh perkumpulan seniman dan masyarakat, pelajar, dan mahasiswa.

Event

Bendholan Pusaka

20 November 2012

Prosesinya dimulai pada malam hari sekitar pukul 19.30 wib tanggal 31 Mei, yaitu kirab lambang negara Pancasila dan panji panji kebesaran Kota Blitar dimulai dari Ndalem Gebang menuju Kantor Walikota Blitar dan di iringi dengan tari tarian, hiburan serta pawai pemuda dengan kreatifitas seni dan budayanya.

Event

Upacara Budaya Grebeg

20 November 2012

Dilaksanakan di Alun alun Kota Blitar pagi hari tanggal 1 Juni yang di ikuti oleh lapisan masyarakat. Maksud upacara ini adalah pemberkatan sebelum kirab Gunungan Lima dan semua atribut budaya Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Event

Kirab Gunungan Lima

20 November 2012

Yaitu pawai yang dilaksanakan mulai dari Alun alun ke Makam Bung Karno Gunungan Lima dikawal Prajurit Siji, Prajurit enem dan Prajurit Patang Puluh Lima sebagai gambaran atau simbol Lima Dasar Pancasila lahir pada 1 Juni 1945. Di ikuti pula pasukan Bhineka Tunggal Ika yang diiringi Dayang Ayu dan Dayang Bagus, barisan penjaga Gong Perdamaian Dunia, dan tari tarian dan seni budaya.

Kenduri Pancasila

20 November 2012

Berupa ngalap berkah yaitu membagikan Gunungan Lima sebagai simbol kemakmuran yang berupa bahan pokok makanan dan benih tanaman yang telah diberkati kepada masyarakat. ...