Obyek Wisata

Aloon Aloon

20 November 2012

Peninggalan jaman Belanda yang paling menonjol karena terletak dipusat kota. Ditengah maupun dipinggir terdapat taman hiburan dan sebagai sarana rekreasi keluarga. Secara tradisi, menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dalam berbagai bentuk perayaan serta menjadi pusat kegiatan resmi pemerintah daerah.

Peninggalan Konsep Tata Pemerintahan Belanda ini menjadi Pusat Tata Kota Blitar yang berlokasi di utara Kantor Walikota Blitar. Di sisi Barat terdapat Masjid Agung yang punya sejarah tersendiri. Di sisi Timur terdapat Penjara. Di sisi Selatan menjadi Pusat Pemerintahan dan perdagangan, serta di sisi Utara terdapat Pendapa Kabupaten Blitar, pusat pemerintahan sebelum menjadi Kota Blitar.
Aloon aloon menjadi pusat kegiatan resmi Pemerintahan Kota dan Kabupaten Blitar, juga menjadi taman rekreasi karena tempatnya dikelilingi Pohon Beringin yang berusia 1 abad lebih. Di dalamnya terdapat tempat bermain anak anak, Paseban dan tempat berolah raga lain. Pada pagi hingga malam hari berjajar rapi pedagang makanan atau minuman Kaki Lima Khas Kota Blitar yaitu Pleret, Bakso, Soto dan pedagang pakaian.